Cara Mengedit Tema HP Tanpa Software

Bagikan
Tema yang terpasang di HP kita sebenarnya adalah satu set pengaturan tampilan yang secara terpadu dan ringkas. Kita dapat membuatnya baik secara online maupun offline. Software untuk membuatnya pun banyak terdapat di internet, antara lain Themes Creator (SE), Carbide.ui Theme Edition (Nokia), My Theme Creator/MTC (SE dan Nokia). Sedangkan layanan online pembuat tema misalnya ownskin dan zedge. Rata-rata besar file instalasi software tersebut di atas 100 MB, cukup besar untuk ukuran program yang jarang dipakai. Selain itu software tersebut juga memerlukan aplikasi lain agar dapat berjalan dengan baik, yaitu Java Runtime Environment.
Namun, tanpa software tersebut, sebenarnya kita juga bisa membuatnya sendiri. Yang harus ada di komputer kita adalah Rar Arzhiver sama Notepad. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Siapkan dulu file tema yang akan diedit, misalnya yang saya donlod di zedge yaitu tema Nokia 2700. Ini dia tampilannya 
  2. Setelah didonlod, ganti ekstensinya yang aslinya Islamic_Clock.nth menjadi Islamic_Clock.rar dengan cara me-rename. Kalau ekstensinya nggak kelihatan tampilkan dulu ekstensinya dengan menghilangkan tanda centang di menu Organize - Folder and Search Options - View (kolom Advanced Settings) - Hide extension for known file types seperti pada gambar berikut 
  3. Setelah itu kita ekstrak file Islamic_Clock.rar (extract to) hingga terbentuk folder baru dengan nama Islamic_Clock. Nah, di dalam folder inilah elemen pembentuk tema.
  4. Bila kita ingin mengganti background pemutar musiknya dengan foto kita, tinggal paste foto kita dengan ukuran pixel yang sama dalam folder tersebut, lalu hapus yang lama. Tapi yang perlu diingat, judul file dan formatnya harus sama dengan yang lama. Tinggal rename foto kita dengan audiobg.jpg juga. 
  5. Gambar-gambar ikon menu pun dapat kita ganti sekeren mungkin asalkan nama dan format filenya masih tetap. Tapi kalau kamu jeli mengedit file theme_descriptor.xmlnya sih gak masalah. Kita dapat mencari gambar-gambar ikon menu yang umumnya memakai file berekstensi .png. Silakan pilih di iconspedia, 4shared, atau disini. Kalau kamu pintar ngedit gambar di photoshop juga boleh banget dimasukin ke sini.
  6. Setelah puas copy paste, jangan lupa hapus elemen tema yang tidak digunakan agar file tema kita tak kebesaran. Lalu setelah itu folder tersebut kita compress (Add to Islamic_Clock.rar) sehingga terbentuk file Islamic_Clock.rar, tinggal ganti ekstensinya menjadi Islamic_Clock.nth, kembali. gampang kan? Nah sekarang tema tersebut dapat diinstal di HP kita.

10 Response to "Cara Mengedit Tema HP Tanpa Software"

  1. obinhut says:

    saya konsumen tema aja lah...! masih belum tertarik menciptakan tema...

    abiep says:

    kan gampang gan, cm butuh ketelitian aja, hehe..
    btw makaseh komen@

    abiep says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
    Unknown says:

    klo cuma di hp bisa g' ?

    Gusti says:

    Kalaw untk d hp bsa ga'?ksh tw cra nya.khusus nya nokia tipe 2700.oke:-)

    Anonim says:

    kayaknya gede banget ya softwarenya..... takut komputer gak kuat

    abiep says:

    he'em, emang theme editor softwarenya gede banget. dan ngga terlalu sering kepake juga kalo cuma pengguna biasa kea saia, =D

    Msihh blum faham

    Anonim says:

    saya mau bantuan kenafa nya hp nokia tipe 2700 pemutar music nya ada baca an memory tidak cuku we

    Unknown says:

    - best free ringtones download for new for mobile phone new 2017
    - best bollywood ringtones for new free download for mobile phone new 2017

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme