Setting Keyboard biar Gampang Nulis Arab

Bagikan

Akhirnyaaaaa, nulis lagi di blog... alhamdulillah dapat inspirasi lagi nih kawan. Sebenernya saya hampir tiap hari online, dan bloggerdotkom merupakan salah satu startup page yang langsung muncul saat membuka google chrome. Tapi dimana-mana ya itulah sulitnya membuat blog, semangat menulis yang masih kurang dan sangat jauh dari kata konsisten.

Sedikit cerita behind the post nih, ceritanya mau ada lomba MAPSI tingkat SD, dimana salah satu yang dilombakan adalah TIK, ngetik salah satu surat Al-Quran dalam huruf hijaiyah gitu deh. Tapi sayang, waktu yang mepet membuat kita nggak sempat mempersiapkan software yang digunakan buat lomba. Ya sudah, daripada nanti mengajari anak dari awal sebuah software, mendingan pakai program pengolah kata yang standar aja dengan setting keyboard yang membuat anak cepat menguasai penulisan huruf arab tersebut. Setelah browsing kesana kemari, ketemu juga software yang saya mau, namanya Microsoft Keyboard Layout Creator.
Sekarang hasil otak-atik menggunakan MKLC tersebut coba saya bagi dan bisa didownload disini. Buat yang gak punya akun 4shared silakan inbox fb saya, Insya Allah segera saya kirim via e-mail. Nah, setelah didownload seperti inilah langkah-langkah pemasangannya :

1. Instal ArabQWERTY melelui file setup.exe, tunggu sampai selesai/muncul jendela berikut, klik close.

2. Masuk ke Start à Control panel à Clock, Language, and Region (Change keyboards or other input methods)

3.  Muncul jendela Region and language, di tab Keyboards and Languages, klik Change Keyboards

4. Muncul jendela Text Services and Input Languages, di tab General, klik Add

5. Muncul jendela Add Input Language, klik tanda[+] pada Arabic (Saudi Arabia) > Keyboard beri tanda centang pada pilihan ArabQWERTY-by-AbiepYangSatunya klik OK

6. Klik OK pada jendela Text Services and Input Languages, selesai.

Untuk mulai menggunakan pada saat mengetik, pilih pilihan ِinput language pada taskbar, beri tanda centang pada AR Arabic (Saudi Arabia).

Berbeda dengan tata letak karakter arabic keyboard yang standar,  saya meletakkan huruf-huruf dan tanda baca agar mudah dituliskan, misalnya untuk menulis kata يُسْرً, saya menekan tombol Y-U-S-O-R-(Shift+A), dimana saya meletakkan tanda sukun pada huruf O dan fathah tanwin pada huruf A (dengan menekan shift), dan seperti inilah layout keyboard yang saya sempurnakan dari yang saya download disini.
(klik expand untuk memperbesar)

Buat peserta MAPSI SD se-Kecamatan Warungasem 2012, selamat berlomba

5 Response to "Setting Keyboard biar Gampang Nulis Arab"

  1. Mustofa says:

    Kunjungi situs wong Batang ini mas/mbk... Slaam kenal

    Trik yang bagus sob, salut nih telah memberi pengetahuan dengan ilmu yang belum tentu semua orang tau...

    M.I.N says:

    Ciat ciat ciat ciat,.

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme