Tugas Ilmu Sosial Budaya Dasar

Bagikan



Kelompok :
1. Khabibur Rokhman (017194964)
2. Kerno (017194989)
3. Ifa Supriati (017194925)
3. Kairoh (017194774)

Seorang alumni pendidikan S1 Institut Al-Qur'an Surakarta bernama (sebut saja) Udin sudah sejak lama memiliki reputasi yang kurang baik. Ia dikenal suka mabuk-mabukan dan pergaulannya di luar juga kurang baik. Namun di desanya ia dikenal sebagai orang yang setia kawan, khususnya di kalangan orang-orang yang "nakal". Karena latar belakang pendidikannya, setiap perkataannya banyak yang dianut sehingga mudah menghasut masyarakat. Hal ini juga membawanya menang dalam suatu pemilihan perangkat desa. Namun setelah terpilih, ia tak dapat menjaga amanat dan tugas mulia yang diberikan. Setelah mendapat jatah tanah bengkok, ia langsung mengkontrakkan tanah tersebut kepada petani penggarap kemudian menghilang ke luar kota selama sekitar satu tahun untuk menghabiskan uang bengkok tanah tersebut.
Tak sampai di situ ia juga terlibat persekongkolan dengan kawanan penggasak sarang walet dengan menyogok dan menghasut aparat penjaga keamanan desa.
Sebagai seorang yang berpendidikan tinggi, seharusnya ia dapat menjadi panutan bagi setiap orang yang ada di sekitarnya. Terlebih lagi ia menempuh pendidikan di bidang kajian Al-Quran yang sarat dengan pendidikan nilai yang mencakup wawasan budi pekerti, nilai, norma dan moral.
Namun dalam polaritasnya,nilai juga memiliki aspek positif dan negatif. Mungkin yang terjadi dalam diri Udin adalah pertentangan batin, dimana pendidikannya menuntut ia untuk berkomitmen dalam kebajikan. Sedangkan lingkungan pergaulannya membawanya kepada hal yang tidak baik. Ketika pertentangan tersebut terjadi, ia membutuhkan pelarian. Semuanya tergantung pada pribadi tersebut, apa yang dipilih sebagai pelarian.

0 Response to "Tugas Ilmu Sosial Budaya Dasar"

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme