semua puisi jelek muncul dari perasaan yang tulus

Yang jadi judul posting saya kali ini bukanlah kata-kata ngawur saya. Ini adalah quotenya salah seorang penyair beken, Oscar Wilde. Dan saya nemuin quote ini pertama kali di halaman ini.
Buat Anda yang hobi nulis untuk sekedar curhat, bikin posting blog, atau berpuisi, jangan pernah berhenti menulis hanya karena merasa tulisan Anda jelek. Dalam ilmu sastra atau pelajaran Bahasa Indonesia, memang ada aturan baku yang harus ditaati dalam menulis. Namun, ketika ada sesuatu dalam pikiran atau hati Anda, buanglah saja aturan-aturan itu. Ambillah sebatang pulpen dan secarik kertas. Mulailah menulis dan Anda akan dibawa oleh jejakan pulpen dan imajinasi Anda sendiri. Jangan pernah berhenti selagi aliran inspirasi masih mengucur deras.
Setelah Anda puas menguras segala yang terendap dalam pikiran Anda, baca kembali tulisan Anda. Anda akan merasa yakin dan percaya diri pada tulisan Anda sendiri, bahkan ingin agar orang lain membaca dan menilainya.
Perasaan yang tulus akan membawa penulis untuk menuliskan sesuatu yang ada di benaknya dengan kata-kata mereka sendiri. Disinilah letak keindahan sebuah puisi, karena bisa kaya makna dan multi interpretasi. Lebih jauh pembaca juga akan mengamati bagaimana perasaan sang penulis -pada saat menulis- melalui rangkaian kata dan diksi yang ada.
Jadi jangan takut untuk menunjukkan tulisan Anda pada orang lain. Bila mereka menilainya jelek, itu bisa menjadi bahan bangunan gratis untuk sebuah bangunan kesuksesan.
Teruslah menulis.

2 Response to "semua puisi jelek muncul dari perasaan yang tulus"

  1. afifi says:

    nice motivation :)
    Thanx Abiep

    abiep says:

    masama Yunk..

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme