Tujuh belasan


Nggak kerasa udah hampir masuk bulan Agustus nih. Negeri tercinta bakalan ultah kemerdekaannya yang ke-64. Kemerdekaan adalah sesuatu yang harus senantiasa kita syukuri karena kemerdekaan itu diraih dengan perjuangan yang sangat tidak mudah. Supaya kita bisa lebih mengerti dan meresapi arti kemerdekaan, cobalah kita membayangkan kita hidup di era peperangan merebut kembali hak-hak kita dari tangan penjajah. Itulah mengapa sikap mental berjuang pantang menyerah dan rasa kebersamaan sering disimbolkan dengan perlombaan-perlombaan.
Berikut ini saya uraikan sedikit berbagai lomba yang biasa digelar di tempat saya menyambut HUT RI, terutama yang diikuti oleh anak-anak.
1. Sendok kelereng
2. Memasukkan pensil ke dalam botol
3. Makan kerupuk
Ketiga lomba diatas merupakan lomba yang paling sering diadakan dan sebagian besar pembaca tentu pernah menjadi peserta. Aturan mainnya cukup sederhana. Pesan yang dapat disampaikan adalah kecepatan, ketepatan dan ketenangan.
4. Bakiak
Lomba yang ini beregu biasanya 3 atau 4 anak. Aturan mainnya adalah adu cepat menuju garis finish. Permainan ini mengajarkan efisiensi, harmonisasi dan kekompakan.
5. Memindahkan belut
Aturan mainnya peserta harus menangkap belut dari satu ember dan ke ember yang lain. Kesabaran dan sikap cekatan adalah inti dari permainan ini.
6. Joget jeruk
Buah jeruk/apel diapit diantara jidat 2 orang anak. Dan mereka harus bergoyang mengikuti irama lagu. Ini adalah tentang bagaimana mempertahankan sesuatu yang sudah berada diatas agar tidak jatuh.
7. Balap karung
Lomba ini juga tergolong 'legendaris' karena sering menjadi cerita masa kecil orang tua kita. Meski masih kalah pamor dengan panjat pinang. Inti permainannya adalah adu cepat, namun tidak boleh ceroboh dengan bersikap tergesa-gesa.
8. Panjat pinang
Lomba yang satu ini kerap menjadi ikon kemeriahan HUT RI. Meskipun jarang diperuntukkan bagi anak-anak, (karena memerlukan fisik yang kuat dan bajet yang gak sedikit). Tapi sebenarnya bisa disesuaikan, misalnya batang pinang diganti dengan batang pohon pisang yang mudah didapat dan tidak terlalu tinggi. Hadiahnya dapat berupa mainan, alat tulis, pakaian, maupun makanan ringan.
Itulah sedikit diantara sekian banyak perlombaan-perlombaan untuk memeriahkan Agustusan. Lomba-lomba tersebut bisa dimodifikasi misalnya menambahkan unsur estafet pada lomba adu cepat.
Kalau mau cari inspirasi lainnya, bisa cari di acara game show di TV.
Buat yang mau jadi panitia Agustusan, met nyiapin semuanya aja. Dirgahayu Repupblik Indonesia!!!

0 Response to "Tujuh belasan"

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme