Membuat Tiga Garis Vertikal pada Cover

Bagikan


Entah darimana asal-usulnya (saya sendiri belum tanya sama mbah google), pada halaman judul yang biasa kita lihat seringkali terdapat tiga garis vertikal di tengah-tengah halaman sampul tersebut. Misalnya pada judul skripsi, makalah, laporan, proposal atau yang lainnya. Apapun tujuannya entah sebagai pengisi kekosongan atau pengganti logo instansi atau antara ada dan tidak adanya tujuannya, garis vertikal tersebut memberi kesan kekuatan yang bergerak ke atas atau sebagai pilar penyangga dari elemen yang tersusun di dalam sebuah judul.
Kali ini saya akan berbagi tentang cara membuatnya, saya yakin waktu yang diperlukan tidak lebih dari satu menit. Berikut langkah-langkahnya.
Setelah membuka Microsoft Office Wordnya kita masuk ke menu tab 'insert' lalu submenu 'shapes' dan pilih objek garis seperti biasa.

Rentangkan garis tersebut secara vertikal, yang lurus ya... setelah itu langsung kita copy dan paste, sehingga terbentuk garis kedua yang sama. Sambil menekan tombol CTRL di kibod, klik garis yang kedua sehingga kedua objek terebut terseleksi, setelah itu, mampir ke menu tab 'Format' klik di submenu 'align', pilih 'align top' supaya posisi vertikalnya sama.
Setelah itu ke submenu 'grouping' pilih 'group' untuk membuat kedua objek tersebut menyatu. Kemudian perpendek garis tersebut dengan menyeret ujung bawahnya sedikit ke atas. Nah, elemen pertama selesai.
Tanpa memilih menu lainnya paste lagi garis yang pertama tadi sehingga terbentuk garis yang ketiga. Sambil menekan tombol CTRL, klik objek yang pertama. Setelah itu, mampir ke menu tab 'Format' klik di submenu 'align', pilih 'align middle' supaya posisi vertikalnya di tengah-tengah. setelah itu ke submenu 'grouping' pilih 'group' untuk membuat ketiga objek tersebut menyatu. Jadi deh. Tinggal sesuaikan ukurannya.
Untuk meletakkan garis tersebut di tengah kertas, klik objek tadi lalu pilih 'text wrapping' menjadi 'in line with text' kemudian tekan CTRL+E untuk merata tengah.

6 Response to "Membuat Tiga Garis Vertikal pada Cover"

  1. Nice info gan,, aku coba dulu yah,

    jangan lupa mampir di http://wisnu-friskian.blogspot.com/

    abiep says:

    tengkyu gan, langsung brangkat ke TKP

    Anonim says:

    tq gan nice

    Anonim says:

    matatiyeh (terima kasih) :)

    Anonim says:

    matatiyeh (terima kasih) :)

    Anonim says:

    thanks gaaannn, suksess

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme