Cara Membuat File CSV untuk Dipindah ke Senayan

Di aplikasi automasi perpustakaan Senayan ada 18 kolom yang dibutuhkan sebagai acuan identitas bahan pustaka dan sebagai kunci pencarian bahan pustaka yang dibutuhkan pengguna. Supaya dengan mudah kita memasukkan ke18 isian kolom tersebut, kita dapat menggunakan aplikasi pengolah data yang sudah biasa kita gunakan, misalnya Microsoft Excel. Sehingga selain kita dengan mudah memasukkan datanya, juga sebagai file backup yang dapat kita akses sewaktu-waktu.

File CSV (Comma Separated Value) sendiri sebenarnya file text biasa yang masing-masing ruasnya terpisah dengan koma. Kalau di Excel tampilannya seperti ini :
JudulGMDEdisi...Barcode
(Barcode adalah kolom ke-18)

Maka tampilan file CSVnya seperti ini



File dalam bentuk CSV memang dapat dibuka dengan Excel, namun jika kita membuatnya data di Excel kemudian kita mengubah ekstensinya dari FILE.xls menjadi FILE.csv, maka file tersebut akan rusak. Untuk mengakalinya, kita memakai trik berikut :
1. Klik link ini.
2. Simpan file bernama contoh.doc tersebut dalam dokumen Anda, lalu ganti ekstensinya sehingga bernama contoh.xls (Maaf file host yang saya gunakan tidak bisa diunggah file .xls)
3. Setelah itu buka file tersebut, lalu isi identitas buku di kolom B, D, F, H sampai AJ sesuai dengan jenis informasinya. Ohya, sebelumnya Anda juga harus mengisi kolom A, C, E, G, dst sama dengan atasnya.
4. Kemudian setelah semua data dari semua buku sudah dimasukkan, silahkan disorot file yang sudah Anda masukkan (misalnya mulai dari cell A2 sampai AK51, jika data buku yang Anda masukkan sebanyak 50 judul) untuk dicopy
5. Paste di Notepad, supaya yang ikut terpaste hanya teksnya saja.
6. Setelah itu, simpan dokumen di Notepad tersebut dengan ekstensi .csv. Selesai
7. Sekedar tips, jika Anda ingin menghilangkan karakter yang tidak diperlukan (misalnya spasi), Anda tinggal mengcopynya ke Ms. Word, lalu gunakan fasilitas Find and Replace.

Mudah sekali bukan, untuk cara memasukkan data csv ke dalam Senayan lebih mudah lagi. Insya Allah akan saya bahas di posting saya berikutnya.

0 Response to "Cara Membuat File CSV untuk Dipindah ke Senayan"

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme